dprd

Disnakertrans: Pengusaha Harus Prioritaskan Pemilik KTP Jabar Sebagai Pekerja

BANDUNG- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mengharapkan semua industri yang berada di Provinsi Jabar untuk memprioritaskan calon tenaga kerja yang memiliki KTP Jawa Barat diterima sebagai karyawan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Mustofa Djamaludin, mengatakan langkah tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi angka pengangguran di Jabar yang hingga saat ini sudah mencapai sekitar 2,5 juta.

“Cara seperti ini bukan untuk menghambat atau melarang para pendatang dari daerah lain mencari kerja di Jabar. Wajar toh jika warga setempat mendapat prioritas untuk mendapat pekerjaan, “ tegas Mustofa.

Menurut Mustofa, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang menjadi salah satu incaran para pendatang dari daerah lain untuk mencari lapangan kerja yang potensial karena terdapat banyak macam industri.

“Dengan globalisasi saat ini kita tidak bisa mencegah orang untuk datang ke Jabar mencari kerja, itu hak mereka untuk menentukan nasibnya. Namun dengan banyaknya pendatang ini akan meningkatkan persaingan untuk mendapat pekerjaan,” ucapnya.

Berdasarkan catatan yang diperoleh angkatan kerja di Jabar saat ini mencapai 17 juta dengan peningkatan tiap tahunnya mencapai 3%, dari jumlah tersebut 2,5 juta orang masih menganggur.

jabarprov.go.id

Leave a Reply