dprd

Saingan Berat Raja Ampat Ada di Tobelo, Halmahera Barat

tobeloKota Tobelo di Halmahera Barat adalah salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam. Ada banyak pantai dan gugusan pulau cantik di sana. Keindahannya pun bisa menjadi saingan berat bagi Raja Ampat di Papua Barat.

Kota Tobelo adalah Ibukota Kabupaten Halmahera Utara dan merupakan kota terbesar di Halmahera. Wilayah Tobelo terletak di pesisir pantai timur dari semenanjung utara Halmahera. Kota ini penuh dengan daya tarik sejarah maupun alam.

Pada akhir tahun 1999, terjadi kerusuhan besar yang melanda Tobelo dan sekitarnya. Namun itu kisah lama, sekarang Tobelo sudah mulai menata hidupnya, antara lain dalam bidang pariwisata.

Objek wisata yang ditawarkan Tobelo adalah pantai. Ada banyak pantai yang bisa dijumpai di wilayah ini. Salah satu pantai cantik di Tobelo adalah Pantai Pitu. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam.

Selain itu, traveler juga bisa melihat gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di depannya, serta keindahan alam bawah lautnya. Salah satu pulau yang banyak dikunjungi adalah Pulau Kakara.

Pulau Kakara merupakan tempat asal-mula Hibualamo. Rumah adat Hibualamo merupakan simbol pemersatu masyarakat Halmahera Utara. Penduduk Kakara sendiri sangat terkenal sebagai penari cakalele yang piawai.

Tanjung Kakara adalah objek wisata yang sangat indah, dengan pasirnya yang putih dan keindahan bawah lautnya. Sehingga, tempat ini menjadi spot keren untuk diving atau pun snorkeling.

Di sebelah utara Tobelo dan berjarak kurang lebih 25 km terdapat Telaga Duma di Galela. Telaga Duma-Galela, demikian masyarakat setempat menyebutnya, merupakan danau terbesar di Pulau Halmahera dan memiliki nilai sejarah penting bagi masyarakat setempat.

Duma menawarkan panorama alam yang indah dan natural. Airnya jernih dan tenang sehingga cocok untuk mancing dan berperahu.

Tanjung Duma yang berada di danau ini merupakan tempat masuknya Injil pertama kali di Pulau Halmahera. Ketika itu Injil dibawakan oleh misionaris Belanda, Van Dyken pada sekitar tahun 1816.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply